Bupati Jember Tinjau Pembangunan 150 RTLH di Sumberjambe

Warga Desa Sumberagung Sumberjambe saat menerima bingkisan alat tulis dari Bupati Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)
Warga Desa Sumberagung Sumberjambe saat menerima bingkisan alat tulis dari Bupati Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)

BANGKALANTIMES, JEMBER – Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR tinjau lokasi pembangunan 150 unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe Sabtu (13/7/2019) pagi. Dalam kunjungannya tersebut, bupati mengapresiasi hasil dari program RTLH yang ada di desa tersebut.

“Ini sudah bagus, dengan anggaran Rp 17,5 juta per unit, ternyata oleh beberapa relawan dibuat berseni, tanpa mengurangi kualitas, dengan memberikan hiasan lukisan di masing-masing rumah yang mendapat program RTLH,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, kepada sejumlah wartawan.

Bupati menambahkan, program 150 RTLH di Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe ini merupakan lanjutan dari 91 unit rumah yang sudah dibangun pada tahun sebelumnya, dimana di Jember sendiri saat ini ada 95 ribu lebih rumah tinggal yang tidak layak huni.

“Jember itu jumlah penduduknya kurang lebih 2,6 juta jiwa, dimana 95 ribu rumahnya tidak layak huni, oleh karenanya, untuk memenuhi 95 ribu rumah tidak layak huni tersebut, diperlukan keterlibatan semua pihak, baik swadaya, Baznas, CSR, dan pusat, untuk kali ini kita gunakan APBD dengan target 2000 unit rumah,” beber bupati.

Selain meninjau hasil pembangunan RTLH, dalam kesempatan tersebut bupati juga memberikan bingkisan kepada lansia yang belum terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

 “Tadi juga ada beberapa janda dan lansia yang belum terdata di PKH, kita beri bantuan juga, beberapa anak-anak juga kita beri oleh-oleh alat tulis, karena Senin besok mereka semua sudah masuk sekolah, mudah-mudahan bisa bermanfaat,” ujarnya.

Untuk rumah yang mendapatkan program RTLH, bupati mengatakan, bahwa mereka yang mendapatkan program tersebut adalah rumah yang masih berlantai tanah dengan penghasilan perbulannya rata-rata masih di kisaran Rp 600 ribu.

“Untuk pendataan ini, dilakukan oleh relawan, dan kebetulan untuk Desa Sumberagung, relawannya begitu semangat dalam melakukan pendampingan,” puji bupati. (*)

 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bangkalantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bangkalantimes.com | marketing[at]bangkalantimes.com
Top