Target 36 Ribu PJU Menuju Malang Terang Benderang, Saat Ini Masih Terpenuhi 23 Ribu

Kabid PJU Agus Sunarhadi (kanan) saat bersama timnya berkoordinasi melakukan perawatan PJU. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kabid PJU Agus Sunarhadi (kanan) saat bersama timnya berkoordinasi melakukan perawatan PJU. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

BANGKALANTIMES, MALANG – Dalam masterplan menuju Malang terang benderang, Pemkot Malang melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemeukiman (Disperkim) Kota Malang Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) menargetkan 36.125 titik dipasang.

Dari target semenjak 2017 hingga pada 2018, sebanyak 21.000 titik telah terpasang. Dari situ, terus berkembang dengan pemasangan-pemasangan baru titik PJU. Hingga sampai pada tahun 2019, sebanyak 23.000  PJU telah terpasang.

"Saya di Perkim kan sejak 2017. Berjalannya waktu kami membuat masterplan Kota Malang menuju gerbang benderang memerlukan 36.125 PJU. Dan sampai 2019 sudah terpasang sebanyak 23.000 titik," beber Agus Sunarhadi, kabid PJU Disperkim, Selasa (25/6/2019).

Jadi, sisa atau kekurangan dari target pemasangan PJU 36.125 tersebut sebanyak 13.000. Jumlah tersebut akan terus diupayakan bertambah dengan pemasangan titik-titik PJU baru setiap hari.

Meskipun nantinya titik-titik PJU semakin bertambah, hal tersebut tak lantas membuat tagihan rekening listrik dari PJU bertambah.  Sebab, lampu penerangan yang digunakan merupakan lampu hemat energi. Itu berbeda dengan menggunakan lampu mercuri yang memerlukan energi atau daya listrik besar.

"Meskipun titik PJU semakin bertambah, rekening tagihan listrik PJU juga akan tetap rendah walaupun titiknya bertambah. PJU yang masih menggunakan lampu mercuri akan diganti dengan led ," papar Agus. 

Setiap hari, petugas dari bidang PJU sendiri juga terus piket berkeliling untu melakukan monitoring lampu-lampu PJU. Mereka juga memantau kondisi PJU-PJU yang ada di seluruh Kota Malang, apakah mengalami kerusakan atau tidak.

"Karena itu, kami meminta masyarakat untuk membantu mengawasi PJU. Jika memang mengetahui adanya trouble pada PJU, diharapkan masyarakat untuk aktif memberitahukan ke bidang PJU agar bisa sering tertangani," pungkas Agus.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bangkalantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bangkalantimes.com | marketing[at]bangkalantimes.com
Top