Jaminan Wabup Malang Sanusi Terkait Perizinan Terbukti, Dinas Penanaman Modal Diganjar Nilai 82

Wabup Malang Sanusi (kanan) memberikan jaminan kepuasan layanan perizinan di kantor DPMPTSP Kabupaten Malang (Nana)
Wabup Malang Sanusi (kanan) memberikan jaminan kepuasan layanan perizinan di kantor DPMPTSP Kabupaten Malang (Nana)

BANGKALANTIMES, MALANG – Berbicara terkait perizinan di Kabupaten Malang bersama Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi, maka yang akan tercetus adalah jaminan kepuasan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Jaminan kepuasan yang kerap disampaikan Sanusi, ternyata bisa dibuktikan oleh DPMPTSP Kabupaten Malang dalam memberikan berbagai pelayanan perizinan yang berada di bawah kewenangannya. Sehingga mendapatkan atensi khusus dari Wabup Malang.

"Mengurus berbagai perizinan sekarang di Kabupaten Malang saya jamin cepat, tidak berbelit-belit dan tentunya gratis. Ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (pemkab) Malang dalam persoalan pelayanan perizinan," kata Sanusi kepada MalangTIMES saat membicarakan berbagai pelayanan perizinan yang kerap diasumsikan tidak efektif dan efisien di dalam masyarakat.

Asumsi itulah yang dibuktikan oleh DPMPTSP Kabupaten Malang, dengan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Sehingga Sanusi pun memberikan jaminan tersebut sekaligus memberikan pujian terhadap kinerja dinas di bawah pimpinan Iriantoro.

"Kami apresiasi kinerja DPMPTSP karena proses perizinan bisa diselesaikan dalam hitungan jam. Seperti IMB (izin mendirikan bangunan) bisa selesai dalam satu jam. Asalkan persyaratan lengkap semua. Terus banyak perizinan yang gratis juga," ujarnya.

Nilai SKM DPMPTSP Kabupaten Malang

Apresiasi Wabup Malang itu, ternyata juga dibuktikan oleh masyarakat yang mengakses pelayanan di DPMPTSP Kabupaten Malang. 

Dimana, masyarakat memberikan nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di triwulan I tahun 2019, sebesar 82.

Artinya, dengan nilai itu di triwulan I menunjukkan pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kabupaten Malang diapresiasi baik atau memuaskan.

Dari data DPMPTSP Kabupaten Malang, SKM yang melibatkan responden sebanyak 95 orang. 

Dengan klasifikasi pendidikan didominasi S-1 sejumlah 54 orang dan S-2 sebanyak 3 orang. Sementara lulusan SMA 37 responden dan DIII 1 orang, memberikan nilai terbilang tinggi di triwulan I 2019.

Iriantoro Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang pun menyampaikan, pihaknya memang terus menggenjot pelayanan perizinan pada seluruh petugasnya. 

"Kami berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya adalah percepatan perizinan di puluhan layanan yang ditangani DPMPTSP Kabupaten Malang, baik yang offline maupun melalui online single submission (OSS)," ujarnya.

Iriantoro melanjutkan,"Perizinan kami percepat dan permudah bagi yang syarat-syaratnya lengkap. Hitungannya jam  bisa diselesaikan. Jadi, memang kita tutup celah yang membuat masyarakat memandang negatif pelayanan perizinan. Semua pelayanan gratis, selain beberapa perizinan yang secara aturan ada retribusinya," urainya sambil menyampaikan terimakasihnya atas apresiasi yang diberikan kepada pihaknya oleh masyarakat.

"Nilai itu masih di triwulan I 2019. Jadi tentunya akan terus kita tingkatkan di semester berikutnya," imbuh Iriantoro.

Seperti diketahui untuk mendapatkan nilai dari SKM itu, terdapat 9 indikator unsur pelayanan yang dinilai masyarakat. 

Pertama terkait persyaratan pelayanan, prosedur dan waktu pelayanan serta biaya atau tarif pelayanan yang diamanahkan peraturan daerah.

Terus ada indikator produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi dan perilaku pelaksana, maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan dan saran.

9 indikator inilah yang di triwulan I 2019 cukup membuktikan apa yang disampaikan Wabup Malang Sanusi terkait jaminan pelayanan perizinan di wilayahnya. 

Tanpa ribet, cepat, gratis dan tentunya dengan pelayanan prima para petugas DPMPTSP Kabupaten Malang.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bangkalantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bangkalantimes.com | marketing[at]bangkalantimes.com
Top