Kota Malang Perkuat Kerja Sama Bidang Industri dengan Tiongkok

Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) saat bertukar cenderamata dengan Duta Besar RRT di Indonesia Xiao Qian saat kunjungan kerja di BalaiKota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) saat bertukar cenderamata dengan Duta Besar RRT di Indonesia Xiao Qian saat kunjungan kerja di BalaiKota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

BANGKALANTIMES, MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terutama di bidang industri, infrastruktur, hingga pendidikan. Rabu (13/3/2019), pemkot menerima kunjungan kehormatan dari Kedutaan Besar RRT di Indonesia. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasi pada Kedutaan Besar RRT karena telah memberikan kepercayaannya untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota tujuan kunjungan kerja. "Saat ini, Kota Malang telah menjadi tujuan investor asal Tiongkok. Hal itu telah terbukti dari Start Up IT Kota Malang yang sudah terbangun dengan baik," ujar Sutiaji.

Dengan kehadiran teknologi informasi (IT), Sutiaji yakin pelayanan akan jadi transparan. Sutiaji juga akan menggalakan seluruh komponen untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan kepada para investor yang datang ke Malang. "Ke depan, saya berharap 5-10 tahun mendatang perekonomian Kota Malang semakin bagus," tuturnya. 

Duta Besar RRT di Indonesia Xiao Qian yang didampingi Konsul Jenderal RRT di Surabaya, Gu Jingqi menyampaikan terima kasih atas kesempatan dapat berkunjung ke Malang. Xiao Qian menyebut, Kota Malang memiliki peluang untuk kerja sama investasi dalam negara. "Karena, Kota Malang memiliki potensi yang mencapai tujuan ekonomi nasional dan memiliki lokasi yang strategis dari segi SDA dan SDM," tuturnya.

Terlebih, perekonomian di Kota Malang terus tumbuh dengan arah yang positif. Terutama dalam hal industri, pariwisata, dan pendidikan. "Dengan keanekaragaman SDA dan SDM yang ada di Kota Malang diharapkan dapat mendatangkan para investor," sebutnya.

Kunjungan kehormatan dari Republik Rakyat Tiongkok memberikan angin segar bagi Pemerintah Kota Malang. Selain menawarkan investasi, Duta besar Republik Rakyat Tiongkok juga akan menandatangani kerja sama dengan Kota Malang. 

Dalam kerja sama tersebut terdapat poin-poin pengembangan dalam bidang diplomatis, industri, pendidikan dan pariwisata. Di antaranya, memberikan beasiswa kepada warga Tiongkok yang menempuh studi di Kota Malang dan juga untuk warga Malang yang menempuh studi di Tiongkok. 

Kota Malang pun diharapkan siap untuk menerima investasi dalam bentuk apapun. "Harapan ke depannya dari Duta Besar RRT untuk Kota Malang yaitu agar lebih banyak kerja sama dan terwujudnya kerukunan dalam bidang diplomatis, industri, pendidikan, dan pariwisata," ujar Xiao Qian.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bangkalantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bangkalantimes.com | marketing[at]bangkalantimes.com
Top