Bangun 4 IPAL dan TPS-3R, Pemkot Batu Anggarkan Rp 1,94 Miliar

Aktivitas TPST-3 R di Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Aktivitas TPST-3 R di Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BANGKALANTIMES, BATU – Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan  (Dinkes) tahun ini menganggarkan dana Rp 1,94 miliar untuk membangun Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal serta tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS-3R). Rencananya, sarana kesehatan itu  bakal dibangun di empat titik atau desa.

Empat desa tersebut  terdapat di tiga kecamatan. Yakni di Desa Oro-Oro Ombo, Desa Pendem, Desa Punten, dan Desa Pesanggrahan. 

Dibangunnya IPAL dan TPS-3R sebagai upaya agar masyarakat bisa hidup sehat. “Melalui Dinas Kesehatan, kami terus meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Batu,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Ia menjelaskan, IPAL komunal  akan dibangun di Desa Pesanggrahan dan Desa Pendem. Untuk pembangunan IPAL komunal ini, nantinya setiap desa akan menampung 50 KK (kepala keluarga). Dua desa tersebut dipilih karena masih banyak masyarakat yang membuang air besar sembarangan atau open defecation free (ODF).

Sedangkan TPS-3R berada Desa Oro-Oro Ombo dan Punten. Fungsi TPS-3R ini adalah tempat untuk pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendaurulangan sebelum dibuang ke TPA. 

TPS-3R pernah dibangun di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. Di sana yang mengolah sampah itu adalah 10 warga setempat. Mereka bertugas  memilah sampah dari hasil sampah rumah tangga seluruh rumah di Kelurahan Dadaprejo. 

Dari gunungan sampah itu,  mereka melakukan pemilahan sampah sesuai kategorinya. Misalnya sampah plastik seperti botol bekas deterjen atau makanan ringan, besi, hingga sampah organik. Jika sudah dilakukan pemilahan, sampah plastik akan dijual atau dijadikan bahan daur ulang. 

Yang lainnya seperti sampah organik digunakan untuk pupuk. Apalagi, masing-masing TPS-3R juga dilengkapi  alat mesin pembuat pupuk, mesin pencacah sampah, dan mesin pengayak pupuk.

“Untuk mengurangi sampah yang masuk ke TPA, perlu adanya TPS-3R. Hingga saat ini di Kota Batu sudah ada tiga TPS-3R. Yakni di Kelurahan Dadaprejo, Pandanrejo (Kecamatan Bumiaji), dan Kelurahan Temas (Kecamatan Batu),” imbuh Punjul. 

TPS-3R masing-masing akan dibangun di lahan seluas 192,76 meter persegi. Rencananya, pelaksanaan pembangunan akan dilakukan mulai Maret ini secara bertahap. 
 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bangkalantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bangkalantimes.com | marketing[at]bangkalantimes.com
Top